Pentingnya melakukan Double Cleansing

Masih banyak yang tidak menyadari bahwa membersihkan wajah memiliki manfaat yang baik kesehatan dan kecantikan. Salah satunya metode Double Cleansing. Ada yang tau apa itu Pentingnya melakukan Double Cleansing.

Siapa nih yang malas banget membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur? Ya,terkadang membersihkan wajah sebelum tidur itu adalah hal yang berat,tapi proses ini tidak boleh sampai terlewatkan,Membersihkan wajah itu penting untuk dilakukan agar membiarkan wajah kamu bernafas setelah menggunakan make up seharian. Bahkan,membersihkan wajah itu bisa dilakukan dua kali lo.

Pengertian Double Cleansing

Double Cleansing ialah sebuah metode untuk membersihkan wajah dalam dua tahap.Tahap pertama dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti cleansing oil,milk cleanser dan micellar water untuk membersihkan wajah dari make up. Hal ini bertujuan menghindari adanya penyumbatan pada pori-pori wajah  di lapisan pertama karena memakai make up seharian dan polusi yang menempel pada wajah.

Mengapa Pentingnya Melakukan Double Cleansing

Menambahkan satu tahapan dalam membersihkan wajah bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menambahkan satu tahapan dalam rutinitas perawatan wajah Anda.

Setelah seharian memakai make up, berbagai kandungan yang terdapat pada makeup akan menempel pada kulit wajah. Apalagi kulit telah memproduksi minyak atau kelenjar secara alami.

Apa jadinya ketika zat-zat tersebut bercampur dengan minyak dan menempel lama pada kulit? Oleh karena itu, dibutuhkan pembersihan berbasis oil agar kotoran yang menempel mudah terangkat.

Double Cleansing Berdasarkan Jenis Kulit

membersihkan wajah dalam dua tahapan dapat berbeda pada setiap masing-masing orang,hal ini kembali lagi pada kebutuhan dasar kulit masing-masing. Berikut ini adalah cara melakukan double cleansing berdasarkan jenis kulit.

  • Kulit Berminyak

Bagi wajah dengan kulit berminyak, sebaiknya gunakan oil-based   cleanser pada tahap pertama. Minyak akan membantu mengangkat kotoran dan sebum berlebih. Selain oil-based cleanser, kulit berminyak juga cocok dibersihkan dengan cleanser yang berbahan dasar gel atau clay. Dua bahan ini akan membantu untuk menjaga kelembaban kulit wajah.  

  • Kulit Kering

Double cleansing pada kulit kering dapat lebih beresiko membuat kulit wajah menjadi semakin kering. Gunakanlah cleansing balm yang mengandung minyak kelapa atau jojoba oil untuk membantu menghidrasi kulit dan menjaga lapisan kulit. 

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi terkadang cukup sulit diatasi. Anda benar-benar harus menemukan produk yang sesuai dengan kondisi wajah yang sebagian kering dan sebagai berminyak. Sebaiknya gunakan cleanser yang mengandung banyak nutrisi seperti ceramide agar dapat membantu melembabkan kulit. 

  • Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat cenderung sensitif. Maka untuk melakukan double cleansing pada jenis kulit seperti ini diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk. Kulit berjerawat membutuhkan cleanser yang juga mengandung anti oksidan dan anti inflamasi seperti vitamin E, green tea, dan tea tree oil. Selain itu, cleanser yang mengandung exfoliator juga cocok untuk kulit berjerawat. 

Ternyata double cleansing memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah. Maka mulai saat ini jangan lagi enggan menyisihkan sedikit waktu untuk memaksimalkan kebersihan wajah Anda. Pilih juga produk yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Double Cleansing

Double cleansing dimulai dengan membersihkan wajah dengan cleansing  oil. Kemudian, dilanjutkan dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Jika melakukan double cleansing secara rutin, Ini berikut adalah beberapa manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit wajah :

  1. Mengangkat kotoran dan sisa makeup secara maksimal

Kotoran, debu dan sisa makeup yang menumpuk bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan jerawat. Nah, maka dari itu dilakukan double cleansing, sehingga kotoran dan debu yang menempel pada wajah dapat terangkat sempurna. Penggunaan cleansing oil akan membantu membersihkan makeup. Sedangkan facial wash akan membersihkan minyak-minyak yang menempel pada wajah.

  1. Memberikan waktu untuk kulit bernafas

Metode double cleansing membuat wajah mampu bernafas lebih lega. Pasalnya, berbagai sisa kotoran yang menutupi pori-pori wajah akan tersapu bersih dengan metode ini. Sehingga akan membuka akses peredaran udara pada wajah

  1. Mencegah efek polutan 

Polutan yang menempel di kulit bisa memberikan efek negatif, seperti kulit kusam, jerawat sampai memicu tanda-tanda penuaan. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan yang rentan terkena polutan, sebaiknya rutin lakukan double cleansing untuk mencegah efek tersebut. 

  1. Membuat kulit terasa lembut dan halus

Double cleansing dapat membuat kulit wajah lebih lembab dan halus. Hal ini terjadi karena adanya kandungan minyak terdapat pada pembersih wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu memilih sabun muka yang berbahan ringan dan tidak membuat kulit menjadi kering. Sehingga, kulit pun tidak kehilangan minyak atau sebum alami di dalamnya.

  1. Mencegah munculnya jerawat 

Salah satu masalah kulit wajah yang sering timbul adalah jerawat. Masalah ini juga bisa terjadi ketika kulit wajah tidak bersih. Selain itu, endapan kotoran dan sisa makeup yang dibiarkan terlalu lama juga memicu kelebihan minyak. Akibatnya muncul bibit-bibit jerawat. 

Makanya melakukan double cleansing, hal ini bisa dihindari. Karena semua kotoran akan terangkat dengan dua tahap yang dilakukan.

Langkah-Langkah Melakukan Double Cleansing

Perawatan ini paling baik dilakukan di malam hari sebelum tidur. Tujuannya agar proses regenerasi kulit yang terjadi saat tidur semakin maksimal. Kamu juga tidak perlu menjalankan serangkaian perawatan wajah di pagi hari karena sudah dilakukan pada malam hari sebelumnya.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan double cleansing:

  • Tuangkan sedikit produk pembersih berbasis minyak, seperti make up remover, oil cleanser, milk cleanser, cleansing balm dan micellar water, ke telapak tangan atau kapas
  • Kemudian, tempel atau usapkan ke wajah. Pijat dengan gerakan memutar dari pipi hingga area sekitar mata 30 detik 
  • Bila kamu menggunakan make up, gunakan kain halus atau kapas untuk mengusap riasan sampai luntur.
  • Bilas atau gunakan handuk halus yang lembab untuk membersihkan wajah.
  • Setelah bersih, kamu bisa tuangkan sedikit pembersih wajah yang sering kamu gunakan dan terapkan pada wajah yang masih basah tersebut. Pijat kembali dengan gerakan memutar
  • Bilas dengan handuk kering.

itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat double cleansing. Pastikan kamu melakukan perawatan ini secara rutin untuk menghindari berbagai masalah pada kulit.

Namun perawatan double cleansing ini tidak perlu kamu lakukan setiap hari. Lakukanlah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ketika seharian kamu harus memakai makeup tebal, atau pada saat kamu menghabiskan aktivitas di luar ruangan dan banyak terkontaminasi dengan debu atau polusi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *